Pada kesempatan kali ini admin akan membahas Cara Kerja Sistem Injeksi. Banyak aspek yang perlu kita pahami pada proses injeksi dimana pemahan itu perlu kita cermati untuk mengetahui letak keunggulan dan kelemahan dari sistem tersebut.
Post by Putu Novri Anggara
Email: ara.7766@gmail.com
Teknologi injeksi bahan bakar adalah salah satu dimana bahan bakar secara langsung dipasok ke dalam ruang silinder intake manifold. Pada kendaraan bermotor yang sudah menerapkan sistem injeksi, memiliki bagian yang berfungsi untuk mengontrol dan mengatur pasokan udara dan bahan bakar ke dalam ruang pembakaran secara efektif dan efisien. Bagian kontrol ini terdapat sensor (berupa elektronik) yang akan mengatur jumlah udara dan bahan bakar secara homogen sesuai dengan kebutuhan mesin. Selama sensor bekerja dengan baik, kemungkinan kerusakan sangat kecil.
Sistem throttle body pasokan bahan bakar yang terletak di throttle body langsung ke ruang asupan sedangkan sistem titik tunggal akan memasok bahan bakar dari injektor tunggal.
Sensor ini akan membaca putaran mesin dan jumlah udara kemudian akan mengirimkan hasil pembacaannya tersebut kepada ECU (Engine Control Unit). ECU akan menghitung dan mengolah selanjutnya akan menentukan jumlah bahan bakar yang akan disemprotkan ke dalam ruang bakar.
Berbagai Pola Spray Bahan Bakar Pada Sistem Injeksi
- Good spray pattern but weak supply (clogged filter)
- Poor spray pattern (obstruction in spray path)
- Poor spray pattern (obstruction in spray path)
- Very poor spray pattern (major obstruction in spray path)
- Good spray pattern with good supply (cleaned injector)
- Very poor spray pattern (major obstruction in spray path)
Artikel yang sangat membantu (h)
ReplyDeleteKunjungi kami di www.tokopf.com