Info Dunia Tambang, Bisnis dan Ilmu Teknik

since April 1, 1999

Penetapan pendirian Politeknik Manufaktur ASTRA, yang merupakan pengembangan dari Akademi Teknik Federal, merupakan suatu kebijakan strategi untuk mengisi kesenjangan di industri akan sumber daya manusia yang berkualitas dalam menyongsong era tinggal landas pembangunan di Indonesia, hal in didasari dengan berbagai pertimbangan mendasar, antara lain :
  • Antisipasi terhadap era globalisasi untuk memacu peningkatan kemampuan dan kompetisi dibidang manufaktur serta pengolahan
  • Tuntutan terhadap kesesuaian dengan bidang-bidang usaha/industri khususnya di lingkungan ASTRA Group maupun industri lain secara umum.
  • Meningkatkan kebutuhan tenaga-tenaga trampil/ahli sejalan dengan perkembangan teknologi maupun dunia usaha.
  • Sarana dan fasilitas industri yang dimiliki saat ini merupakan bagian integral dalam pengembangan pola pendidikan," link & match".
Akademi Teknik Federal (ATF) merupakan perwujudan kerjasama antara Yayasan Federal Bina Ilmu yang didukung oleh PT Federal Motor dengan ATMI Surakarta, dan ITB berupa pendidikan non gelar. Hal ini merupakan sumbangan nyata dunia industri untuk turut mencerdaskan bangsa, khususnya bagi Federal Group dan ASTRA Group dengan berkiprah dalam dunia pendidikan.   Untuk lebih memperluas dukungan industri atas dunia pendidikan maka Akademi Teknik Federal dikembangkan menjadi Politeknik Manufaktur ASTRA yang mendapat dukungan penuh dari Grup-grup perusahaan di bawah ASTRA International.
Dalam rangka pemenuhan kebutuhan lndustri dan menjawab tantangan perkembangan teknologi, maka Politeknik Manufaktur ASTRA  menetapkan Program Studi ataupun spesialisasi bidang keahlian, yaitu :
  1. Pembuatan Peralatan dan Perkakas Produksi (P4), yang dimulai tahun 1995.
  2. Teknik Produksi dan Proses Manufaktur (TPM), yang dimulai tahun 1996.
  3. Sistem Informasi (SI), yang akan dimulai tahun 1999.
  4. Mekatronika (MT), yang akan dimulai tahun 2000.
  5. TEKNIK ALAT BERAT  (TAB) yang dimulai pada tahun 2006.


Tujuan

  1. Mencetak tenaga terampil yang siap karya dan siap latih.
  2. Memberikan pendidikan dan latihan kejuruan teknik formal dalam bentuk program-program Diploma 3 (D3)
  3. Menyelenggarakan pendidikan dan latihan untuk meningkatkan keterampilan teknik dalam bentuk program moduler.
Sasaran

  1. Menghasilkan lulusan dengan kualitas dan kuantitas sesuai dengan kebutuhan industri.
  2. Mampu untuk menyediakan fasilitas produksi serta jasa teknik dan menghasilkan produk teknik.
  3. Menjembatani dan mengikuti perkembangan teknologi yang secara timbal balik memberikan manfaat dari segi keilmuan maupun penerapan dalam industri.
            Teknik Alat Berat, polman ASTRA

0 komentar:

Post a Comment

Pastikan tinggalkan komentar Anda setelah membaca sebagai acuan kami dalam melakukan perbaikan di setiap post yang kami buat.

ARTIKEL TERLARIS