Info Dunia Tambang, Bisnis dan Ilmu Teknik


Penulis akan menerangkan sedikit dari fungsi dan apa itu engine.
Dikutip oleh ; TAB Polman Astra. Jakarta,Minggu 04 Des. 2010.
Apa sih yang tertangkap dalam pikiran anda jika ada seseorang yang bertanya tentang engine??
“iya, benar sekali”
Engine adalah Sumber tenaga dimana energi panas yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar menjadi energi mekanis (Power). Sebuah benda yang berfungsi sebagai sumber penggerak pada suatu system unit otomotif. Piston yang bergerak naik dan turun memutar crankshaft yang berada tepat di bawah connecting rod (gerak naik turun piston di ubah menjadi gerak putar oleh connecting rod). Gerak putar tersebut diteruskan ke damper, torque converter, transmisi, shaft, differential, axel shaft dan tyre (roda).

PRINSIP KERJA ENGINE
Langkah Hisap ( intake stroke)
Piston bergerak dari titik mati atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB). Posisi valve intake valve terbuka dan exhaust valve tertutup sehingga udara murni (O2) masuk ke dalam combustion chamber melalui intake valve.
Langkah Kompresi (comprestion stroke)
Pada langkah ini piston bergerak naik dari TMB ke TMA dan posisi valve tertutup semua sehingga udara yang ada didalam ruang bakar terkompres. (engine diesel)
Langkah kerja (power strole)
Fuel disemprotkan oleh injection kedalam ruang bakar sehingga bercampur dengan udara yang sudah terkompres dan mengakibatkan panas sehingga menjadi ledakan yang mendorong piston bergerak dari titik mati atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB).
Langkah buang (End stroke)
Pada langkah ini piston bergerak dari TMB ke TMA dan valve exhaust terbuka sehingga piston mendorong sisa hasil pembakaran atau gas buang keluar menuju exhaust.
Dikutip oleh ; TAB Polman Astra. Jakarta,Minggu 04 Des. 2010.

Teknik Alat Berat, polman ASTRA.

1 komentar:

Pastikan tinggalkan komentar Anda setelah membaca sebagai acuan kami dalam melakukan perbaikan di setiap post yang kami buat.

ARTIKEL TERLARIS