Mendeteksi putaran gear pada mesin yang dianggap vital atau penting seperti mesin bagian pelumasan dll, adalah sangat dianjurkan untuk dipasang, kenapa ? sebab pada kasus tertentu terkadang hanya bagian motor penggeraknya saja yang berputar namun gearnya tidak berputar dikarenakan beberapa sebab seperti rantai penghubung antara motor dengan gear putus.
Jika kasus seperti diatas sampai terjadi, maka sudah dapat dibayangkan akan terjadi kerusakan akibat aus pada salah satu bagian mesin tersebut, karena mesin berjalan tanpa adanya pelumasan dan tidak adanya sinyal yang memberitahukan bahwa gear untuk mesin pelumasan tidak berputar padahal motor penggeraknya kondisi hidup atau berputar.
Untuk menghindari kejadian tersebut maka haruslah dipasang sensor untuk mendeteksi putaran gear, sensor yang tepat untuk deteksi tersebut adalah proximity sensor selain pemasangannya mudah sensor jenis ini cukup compatible.
Pertama pasang terlebih dulu cam switch (berupa plate besi) pada shaft gear untuk memberikan sinyal pada sensor saat gear berputar, Proximity sensor dipasang satu poros dengan cam switch namun tidak bersentuhan, ada jarak kurang lebih 10 mm, ketika gear mulai berputar maka sensor akan bekerja (on-off) mengikuti irama cam switch, hal ini akan terlihat seperti counter.
Keluaran atau output dari sensor dapat dihubungkan ke PLC atau relay, selanjutnya kontak dapat dihubungkan ke alarm peringatan atau emergency sistem, saat terjadi abnormal pada putaran motor atau gear maka mesin akan stop, dan mesinpun aman dari kerusakan.
Related Posts
Membahas Tentang TEKNOLOGI VTEC pada Kendaraan
Teknik Alat Berat, polman ASTRA. - TEKNOLOGI VTEC VTEC (Variable Valve Timing and Lift Elec...Read more
MEMBAHAS TEKNOLOGI DOHC DAN SOHC PADA KENDARAAN
Teknik Alat Berat, polman ASTRA. - MEMBAHAS TEKNOLOGI DOHC DAN SOHC PADA KENDARAAN Antara SOHC ...Read more
Membahas Tentang Sistem VTEC, DOHC, SOHC, VVT-i, I-DSi dan EFI
Teknik Alat Berat, polman ASTRA. Membahas Tentang Sistem VTEC, DOHC, SOHC, VVT-i, I-DSi dan EFI Pad...Read more
Mesin berteknologi VVT-i adalah
Teknik Alat Berat, polman ASTRA. Mesin berteknologi VVT-i (Variable Valve Timing with intelligence)...Read more
Fungsi Muffler atau knalpot
Muffler atau yang biasa kita dengar dengan sebutan knalpot berfungsi Bukan Hanya Sebagai Peredam tap...Read more
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
ARTIKEL TERLARIS
-
Teknik Alat Berat, polman ASTRA. Fungsi thermostat pada sirkulasi air radiator mesin mobil – Sistem sirkulasi sistem pendingin mesin m...
-
Teknik Alat Berat, polman ASTRA. Sistem Pendingin Pada Kendaraan - Semua mesin mobil modern menggunakan sistem liquid-cooling atau pe...
-
Teknik Alat Berat, polman ASTRA. Fungsi Komponen komponen utama Mesin (Engine) Engine/Mesin 1. Spark plug (Busi): untuk melonc...
-
Teknik Alat Berat, polman ASTRA. Cara Menyetel atau Setting Valve/ Klep Untuk tetap mendapatkan kondisi mesin dengan performa yang pri...
-
Teknik Alat Berat, polman ASTRA. Transmisi - Transmisi tentu saja sangat penting bagi mobil. Secara umum, transmisi adalah salah satu...
-
Teknik Alat Berat, polman ASTRA. Motor digunakan untuk melakukan gerakan mekanik. Prinsip kerja motor bensin, secara sederhana dapat dije...
0 komentar:
Post a Comment
Pastikan tinggalkan komentar Anda setelah membaca sebagai acuan kami dalam melakukan perbaikan di setiap post yang kami buat.
Click to see the code!
To insert emoticon you must added at least one space before the code.