Teknik Alat Berat, polman ASTRA.
Kesetiaan menggunakan sistem pengapian konvensional pada mobil sering terjadi pada orang-orang yang belum percaya pada sistem elektronik terutama mereka yang demen banget ama ilmu katon alias konvensional platina yang mudah di stel berulang kali, walau padahal kalau sudah menggunakan sistem pengapian elektronik cukup sekali stel untuk selamanya(jangka waktu yang panjang.
Baca juga: "Sistem Pengapian - Ignition System"
Sekarang sambil ngopi iseng2 nulis cara menyetel Platina mobil mungkin ada yang lagi browsing dan membutuhkan cara penyetelan platina, dan tentunya untuk global/semua jenis kendaraan.
Langkah-langkah penyetelan platina yakni:
1. Top kan mesin silinder 1.
Buka cop delco dan Cara memposisikan top mesin bisa di baca di Cara Mengetahui Top mesin (TDC=Top Dead Center).
2. Posisikan platina pada nok puncak(Nok Delko).
Biasanya saat top posisi ebonit/kaki platina belum mencapai puncak nok delko, jadi tambah putaran mesin untuk mencapai posisi puncak nok delko.
3. Kendorkan Baut pengikat platina.
Pengendoran baut platina jangan terlalu kendor, cukup setengah putaran atau sperempat putaran saja.
4. Stel platina sesuai spesifikasi mobil.
Pergunakan obeng minus untuk menyetel platina, tiap2 delko sudah dilengkapi tempat untuk menyetel celah platina(berupa nok/coakan), (stel dengan celah 0.45mm).
5. Finishing.
Kencangkan baut platina dan pasang kembali cop delco
6. Stel saat pengapian menggunakan Timing Light.
Penyetelan Saat pengapian penting untuk mencapai hasil maksimal tuneup mesin.
Baca juga: "Transmisi Manual dan Otomatis"
Related Posts
Membahas Tentang TEKNOLOGI VTEC pada Kendaraan
Teknik Alat Berat, polman ASTRA. - TEKNOLOGI VTEC VTEC (Variable Valve Timing and Lift Elec...Read more
MEMBAHAS TEKNOLOGI DOHC DAN SOHC PADA KENDARAAN
Teknik Alat Berat, polman ASTRA. - MEMBAHAS TEKNOLOGI DOHC DAN SOHC PADA KENDARAAN Antara SOHC ...Read more
Membahas Tentang Sistem VTEC, DOHC, SOHC, VVT-i, I-DSi dan EFI
Teknik Alat Berat, polman ASTRA. Membahas Tentang Sistem VTEC, DOHC, SOHC, VVT-i, I-DSi dan EFI Pad...Read more
Mesin berteknologi VVT-i adalah
Teknik Alat Berat, polman ASTRA. Mesin berteknologi VVT-i (Variable Valve Timing with intelligence)...Read more
Fungsi Muffler atau knalpot
Muffler atau yang biasa kita dengar dengan sebutan knalpot berfungsi Bukan Hanya Sebagai Peredam tap...Read more
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
ARTIKEL TERLARIS
-
Teknik Alat Berat, polman ASTRA. Transmisi - Transmisi tentu saja sangat penting bagi mobil. Secara umum, transmisi adalah salah satu...
-
Teknik Alat Berat, polman ASTRA. Sistem pelumasan mesin kendaraan Pelumas memegang peranan penting dalam desain dan operasi semua mes...
-
Teknik Alat Berat, polman ASTRA. Cara Menyetel atau Setting Valve/ Klep Untuk tetap mendapatkan kondisi mesin dengan performa yang pri...
-
kali ini saya akan mencoba membahas sedikit tentang gambaran umum dari Drive shaft.... apa itu Drive Shaft ??? Sebuah poros pe...
0 komentar:
Post a Comment
Pastikan tinggalkan komentar Anda setelah membaca sebagai acuan kami dalam melakukan perbaikan di setiap post yang kami buat.
Click to see the code!
To insert emoticon you must added at least one space before the code.