Info Dunia Tambang, Bisnis dan Ilmu Teknik

Teknik Alat Berat, polman ASTRA.

Motor digunakan untuk melakukan gerakan mekanik. Prinsip kerja motor bensin, secara sederhana dapat dijelaskan sebagai berikut: Ketika motor distarter, motor starter akan memutar poros engkol karena gerakan inilah maka mekanisme mesin berputar secara persisi dengan adanya gerakan poros tadi akan mendorong torak yang dibubungkan connecting rod. Torak yang berada di dalam silinder melakukan 4 pekerjaan, selanjutnya anda bias membaca pada Komponen Utama Mesin 4 Langkah

Selain gerakan poros engkol menggerakan torak, gerak mekanik poros engkol juga menggerakan katup baik katup in-take maupun katup ex-haust manifold. Ini dapat dijelaskan sebagi berikut: Katup diorong oleh batang pendorong (push rod) sementara push rod dihubungkan oleh puli dimana puli tersebut bersatu dengan poros crankshaft atau poros engkol.

Gerakan katup menutup dan membuka baik katup in-take maupun katup ex-hause ini yang akan menjadikan mesin mempunyai kerja empat langkah yaitu ketika katup in-take dalam posisi membuka bersamaan dengan pergerakan torak dari TMA ke TMB maka campuran bahan bakar dan udara masuk melalui katup intake manifold, hal ini karena tekanan di dalam silinder jauh lebih kecil dari tekanan atmosfir (terjadi kevakuman di dalam silinder) sehingga menghisap campuran bahan bakar dan udara di dalam karburator. Pada langkah selanjutnya yaitu torak bergerak dari TMB ke TMA pada saat katup in dan ex sama-sama tertutup sehingga campuran udara di kompresikan. Pada langkah ini di dalam silinder terjadi tekanan yang tinggi dan suhu yang tinggi pula, dan pada ± 100 sebelum TMA terjadi loncatan bunga api dari busi sehingga di terjadi ledakan yang menyebabkan torak terdorong dari TMA ke TMB lagi. Setelah itu pada saat torak menuju langkah kerja Buang, katup ex terbuka dan katup in menutup, sehingga sisa hasil pembakaran akan dikeluarkan lewat saluran ex-haust manifold yang selanjutnya diteruskan ke muffler dan knalpot.

Komponen Mesin






Langkah usaha pada mesin ini memaksa poros engkol berputar, dank arena kecepatan ledakan yang susul menyusul maka terjadi putaran yang sangat cepat. Putaran ini diteruskan oleh fly whell (roda gila) menjadi putaran mesin.

Selanjutnya putaran fly wheel inilah yang nanti diteruskan oleh komponen kopling transmisi kemudian ke poros penghubung diubah gerakan oleh gardan dan diteruskan oleh as roda sampai pada roda yang dapat dijelaskan pada komponen pemindah daya.

0 komentar:

Post a Comment

Pastikan tinggalkan komentar Anda setelah membaca sebagai acuan kami dalam melakukan perbaikan di setiap post yang kami buat.

ARTIKEL TERLARIS