Info Dunia Tambang, Bisnis dan Ilmu Teknik

Freeport Beli Aset Apache Corporation Di Mexico

Vicharius DJ

vicotambang@yahoo.com


Jakarta-TAMBANG. Freeport-McMoran Oil&Gas (FM O&G) dalam keterangan resmi seperti yang dikutip Bisnis (13/5) mengumumkan telah membeli aset kepemilikan Apache Corporation (APA) di wilayah kerja eksplorasi minyak laut dalam GOM (Gulf of Mexico) dengan nilai transaksi US$1,4 miliar.



Transaksi ini memberi hak kepada Freeport untuk menguasai aset kepemilikan Apache di beberapa proyek ekplorasi di wilayah tersebut, antara lain proyek pengembangan wilayah produksi minyak Heidelberg dan Lucius. Selain itu, Freeport berhak atas aset Apache di 11 proyek eksplorasi lainnya.



James C. Flores, President and Chief Executive FM O&G mengatakan transaksi ini akan meningkatkan portofolio perusahaan sebagai perusahaan minyak dan gas terkemuka melalui peningkatkan aset. Laba perusahaan diyakini akan meningkat dalam beberapa tahun kedepan.



�Selain berupaya mengurangi beban hutang, kami juga memperkuat portofolio perseroan. Karena itu, laba akan terus meningkat dan ini baik bagi perusahaan,� katanya.



Kepemilikan saham Apache di wilayah produksi Lucius sebesar 11,7% dan 12,5% untuk wilayah produksi Heidelberg. Sehingga, transaksi yang dimulai awal Mei dan direncakan selesai pertengahan 2014 ini menjadikan FM O&G pemilik 35% saham di proyek pengembangan ekplorasi minyak Lucius.



Freeport memperkirakan kawasan tersebut memiliki cadangan terbukti sebesar 55 juta BOE (barrel of oil equivalent), dengan potensi sumber daya mencapai jutaan BOE. Unit Lucius mencakup blok Keathley Canyon 874, 875, 918 dan 919. Sementara unit Heidelberg meliputi blok Green Canyon 859, 903,904 dan 948.



Proyek Lucius diharapkan selesai dan mulai produksi pada semester II tahun ini. Sementara itu, Heidelberg diharapkan selesai dan mulai produksi pada pertengahan 2016. Wilayak kerja Heidelberg di operatori Anadarko Petroleum dan merupakan proyek eksplorasi minyak kualitas tinggi yang berada 5.000 kaki dibawah permukaan laut.



Sementara 11 kawasan ekplorasi milik Apache yang diakuisisi Freeport meliputi Lucius Offset, Capri dan Silver Fox atau wilayah eksplorasi parmer. Nilai kepemilikan saham Apache di wilayah-wilayah tersebut berkisar antara 16,67% hingga 60%.

0 komentar:

Post a Comment

Pastikan tinggalkan komentar Anda setelah membaca sebagai acuan kami dalam melakukan perbaikan di setiap post yang kami buat.

ARTIKEL TERLARIS