Info Dunia Tambang, Bisnis dan Ilmu Teknik

Menjadi pegawai boleh jadi adalah jalan pintas menuju “kemapanan”. Sayang sekali, “kemapanan” yang diinginkan ternyata hanyalah sesuatu yang semu. Banyak dari kita yang bekerja sebagai pegawai, entah di instansi pemerintah atau di perusahaan swasta. Bahagiakan kita? Untuk sebagian orang, mereka merasa telah berada di zona nyaman mereka. Buat sebagian yang lain akan berpikir bahwa sekeras apapun mereka bekerja, gaji yang diterima akan tetap dan mereka hanya akan memperkaya orang lain; dalam hal ini adalah pemilik perusahaan. Mereka kemudian meneriakkan: Saya lelah jadi pegawai! Berbekal sedikit pengetahuan kewirausahaan, mereka memilih berhenti bekerja dan membuka usaha sendiri.

Perlukah sebuah tingkat pemahaman yang tinggi akan wirausaha sebelum kita memilih membuka sendiri usaha kita?
Well, pemahaman memang sangat penting, akan tetapi keberanian melakukan wirausaha jauh lebih penting. Pengetahuan teknis Anda tentang kewirausahaan hanya akan tersimpan percuma ketika tidak ada keberanian untuk mulai melangkah. Pada dasarnya, banyak pengusaha sukses yang justru berangkat dari nol, bahkan minus. Mereka nyaris tidak mengetahui banyak hal akan prinsip kewirausahaan sendiri kecuali logika sederhana perdagangan. Toh, minimnya pemahaman ditutupi dengan kemauan belajar dari kesalahan yang mereka buat dalam menjalankan usaha tersebut.

Apa yang harus disiapkan agar kita memiliki peluang untuk menjadi seorang pelaku wirausaha sukses? Berikut tips agar bisa meraih kesuksesan sebagai pelaku wirausaha.

1. Jangan pernah menyerah.
Pelaku wirausaha sukses selalu akan merasakan berbagai hadangan dan sebagian besar dari hadangan itu sukses menggagalkan langkah mereka. Seorang wirausahawan sukses tidak berangkat dari satu usaha untuk satu sukses. Banyak dari mereka telah mencoba puluhan macam usaha dan hanya satu (usaha terakhir mereka) yang terbukti mampu mengangkat derajat mereka.

2. Berani berbuat dan mengambil keputusan.
Bisnis Industri Kecil atau wirausaha adalah hal yang sangat dekat dengan keputusan. Sebagai seorang pelaku bisnis, Anda harus mampu membuat sebuah keputusan yang tepat, singkat dan padat. Anda tidak bisa menunggu lama untuk memutuskan sesuatu karena dalam iklim wirausaha, segala hal berjalan dengan sangat cepat.

3. Segera memulai.
Semakin cepat Anda mulai bisnis pertama, semakin dekat langkah Anda menuju kesuksesan. Akan percuma teriakan “saya bosan jadi pegawai” Anda jika hanya sebatas teriakan. Keberanian memulai adalah pintu gerbang pertama menuju kesuksesan meski di balik pintu gerbang tersebut tersembunyi jutaan tantangan.

4. Anda boleh merasa bosan jadi pegawai tetapi jangan pernah lelah belajar dari big bos Anda.
Jika Anda karyawan swasta, tentu Anda bisa “mencuri” ilmu bagaimana seorang bos memulai bisnis serta mengendalikan bisnis tersebut hingga membuatnya menjadi seorang bos seperti saat itu.

5. Letupkan rasa bosan jadi pegawai Anda menjadi sebuat pemicu agar segera ada gerakan untuk memulai.
Anda tak akan beranjak menuju pintu sukses jika hanya perhitungan di atas kertas yang Anda lakukan. Mulai dan bergeraklah!

Berbekal sedikit pengetahuan kewirausahaan, mereka memilih berhenti bekerja dan membuka usaha sendiri.
BOSAN JADI PEGAWAI

1 komentar:

Pastikan tinggalkan komentar Anda setelah membaca sebagai acuan kami dalam melakukan perbaikan di setiap post yang kami buat.

ARTIKEL TERLARIS